Tajuk Rencana

Bersatu Memajukan Sultra

Masyarakat yang terdidik kian bertambah. Perkembangan kualitas sumber daya insani tersebut menginspirasi kami untuk menjabarkan sebuah gagasan: bikin koran baru. Sebab masyarakat terdidik sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan informasi untuk lebih memberi bobot dan makna baru bagi kehidupannya. Sarana atau lembaga yang melayani masyarakat akan kebutuhan informasi adalah media massa yang terdiri dari media cetak, media elektronik, dan belakangan ini berkembang pula media online atau internet.

Maka lahirlah koran baru, Kendari Ekspress. Nama itu pernah digunakan sebuah surat kabar harian di Kendari yang kini telah berganti nama menjadi Rakyat Sultra. Untuk membedakan dengan koran sebelumnya, maka kata Ekspress kami lebihkan satu huruf s (dobel s). Kendari Ekspress yang di tangan Anda saat ini diterbitkan oleh PT Media Nusantara Kendari. Dengan demikian, Kendari Ekspress tidak ada hubungan apa pun dengan koran sebelumnya.

Kendari Ekspress adalah sebuah surat kabar umum (SKU). Jadi bukan koran partisan atau suara salah satu partai politik, dan bukan pula corong penguasa atau pemerintah. Dengan kata lain, Kendari Ekspress adalah koran independen. Karena itu koran ini akan memosisikan dirinya sebagai mitra pemerintah dan mitra seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian, koran ini bekerja untuk kepentingan kedua komponen besar bangsa tersebut. Tidak akan berpihak pada salah satu di antaranya, kecuali hanya kepada kebenaran belaka.

Bertolak dari pandangan itu pengelola surat kabar ini mengusung tagline atau motto Bersatu Memajukan Sultra, sebagaimana tertera di bawah logo Kendari Ekspress. Artinya, media atau koran ini akan dikelola sedemikian rupa agar mampu berperan sebagai alat pemersatu dan sekaligus pula alat perjuangan rakyat Sultra untuk mewujudkan cita-cita kesejahteraan dan keadilan dalam kehidupan nyata.

Motto tersebut mencerminkan pula wajah tim pengelola koran ini yang berasal dari berbagai latar belakang kultural dan profesi, baik yang bekerja di belakang layar maupun mereka yang bergelut langsung di redaksi dan unsur pendukung lainnya.

Sebagaimana lazimnya lembaga pers, Kendari Ekspress berfungsi memberikan informasi dan edukuasi kepada khalayak serta berperan sebagai alat kontrol sosial. Pengelola akan berusaha keras untuk melaksanakan peran-peran klasik pers tersebut melalui kebijakan editorilanya. Profesionalisme adalah landasan pokok, dan kode etik jurnalistik menjadi tuntunan moralnya.

Kemerdekaan pers sebagai lokomotif demokrasi akan diterjemahkan secara cerdas dan arif dengan menyajikan liputan berita atau tulisan yang akurat, faktual, proporsional, berimbang (cover both side), cek dan cek ulang. Masalah-masalah kontroversi akan dijelaskan duduknya perkara tanpa intervensi subyektivitas dan opini penulis berita atau tulisan.

Seluruh komitmen di atas tentu saja akan dilaksanakan secara bertahap. Sebab, untuk menyelenggarakan penerbitan pers yang baik harus diakui sangat membutuhkan piranti yang memadai. Yaitu piranti lunak berupa sumber daya wartawan yang bekerja secermat dan seahli mungkin, modal finansial, serta piranti keras berupa percetakan.

Ketiga sumber daya tersebut sesungguhnya belum tersedia saat ini. Yang ada barulah semangat dan idealisme tinggi tim pengelola redaksi. Tidak heran jika isi koran juga belum maksimal. Namun, upaya eksplorasi dalam rangka penyempurnaan kualitas akan terus dilaksanakan seiring terpenuhinya kebutuhan sumber daya secara bertahap. ****

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>