Pulau Bokori, Resort Wisata Unggulan

Oleh Yamin Indas

       

Pulau Bokori, salah satu resor wisata unggulan Provinsi Sultra. Foto Zainal Koedoes

PROVINSI SULAWESI TENGGARA kini memiliki resort wisata unggulan Pulau Bokori, selain diving resort di Wakatobi National Park, Taman Nasional Wakatobi di Kabupaten Wakatobi. Diving Resort Wakatobi di Pulau One Mobaa, Kecamatan Tomia, telah terakses dengan baik melalui jalur transportasi udara. Adapun Pulau Bokori lebih mudah lagi, hanya 15 menit dari sebuah titik di bibir Teluk Kendari bila menggunakan speedboat dinas Gubernur Sulawesi Tenggara.

        Teluk Kendari adalah ikon Kota Kendari saat ini. Teluk ini menyerupai sebuah danau. Danau ini membuat kawasan pesisir timur ibu kota Provinsi Sultra tersebut menyajikan pemandangan amat mempesona dilihat dari pesawat terbang. Hampir semua pesawat yang hendak mendarat di Bandara Haluoleo terlebih dahulu bermanuver di atas kawasan pesisir ini.

        Teluk Kendari memiliki alur masuk teluk dari arah Laut Banda. Di pintu masuk tampak sebuah Pulau Bungkutoko menempel di bibir teluk. Adapun bangunan fisik Kota Kendari dimulai dari luar mulut alur masuk ini hingga ke sekujur pantai Teluk Kendari dan seterusnya fisik kota melebar ke darat termasuk kaki bukit Taman Hutan Raya Gunung Nipa-Nipa.

Kadis Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi Sultra Zainal Koedoes. Foto Yamin Indas

          Ke Bokori, sebuah pulau eksotik di ambang masuk Teluk Kendari melalui alur tadi, saat ini bisa melalui banyak tempat di bibir teluk dengan speedboat,  atau alat angkutan motor laut lainnya. Jarak pulau itu dengan Teluk Kendari hanya 5 mil. Bisa juga keluar sedikit dari Kota Kendari lalu memesan perahu bermotor di Desa Mekar Jaya. Perahu motor bermesin 30 PK, misalnya, dapat menjangkau pulau itu kurang dari 10 menit.

        Pulau Bokori baru saja menggelar event kejuaraan nasional olahraga voli pantai (selesai awal November 2015). Umumnya peserta mengagumi kemolekan punau itu. Daya tariknya ialah daratannya yang merupakan hamparan pasir putih melulu, bersih pula. Sangat ideal sebagai tempat berjemur diri seperti di pantai Kuta, Bali. Perairannya juga bening memantulkan warna biru di kedalaman dan warna putih di perairan dangkal. Arah ke timur adalah pemandangan Laut Banda yang tak bertepi.

        Di daratan ada sedikit sisa hutan bakau, pohon kelapa,  dan pepohonan liar lainnya. Di sela-sela pepohonan itulah kini berdiri villa-villa dari kayu pilihan. Villa tersebut dibangun Pemerintah Provinsi Sultra. Pembangunan homestay tersebut adalah langkah awal pembangunan Pulau Bokori yang dicanangkan Gubernur Nur Alam sebagai salah satu destinasi wisata di Sultra saat ia membuka Tahun Baru 2015 dengan pesta kembang api di pulau tersebut.

        Seperti dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi Sultra, Zainal Koedoes, Pulau Bokori akan dilengkapi sarana dan fasilitas sehingga memenuhi syarat sebagai pulau resort wisata. Terkait dengan hal itu pemerintah akan melibatkan kalangan dunia usaha untuk melakukan investasi. “Peran pemerintah adalah menyediakan infrastruktur,” ujarnya.

        Termasuk kontribusi pemerintah adalah membuat perlindungan pantai dari terjangan ombak Laut Banda, pengamanan area permandian dengan jaring untuk mencegah masuknya hewan atau tumbuhan laut yang berbahaya, pengadaan jetski untuk pengamanan pula bagi kemungkinan adanya orang tenggelam atau terbawa arus kencang saat bermandi ria, dan penyediaan banana boat bagi para pengunjung taman permandian. Semua itu akan disediakan secara bertahap.

        Selain itu akan disediakan pula sarana ibadah, kran-kran umum air bersih, kolam renang tempat bilas setelah puas mandi dengan air laut. Saat ini, kendati sarana dan fasilitas kemudahan masih terbatas, pengunjung Pulau Bokori makin padat, terutama pada hari-hari libur. “Pantai dan pemandangan laut adalah daya tarik bagi pengunjung yang menginginkan penyegaran di Pulau Bokori,” kata Duta Pariwisata Sultra Apriliani Puspitawati.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>