In Memorium Muhammad Subhan Tambera

 Oleh Yamin Indas

 

       

Muhammad Subhan Tambera SE, MSi. Foto Yamin Indas

Wakil Bupati Bombana (Sulawesi Tenggara) periode 2005-2010 Muhammad Subhan Tambera SE, MSi tutup usia  Jumat tanggal 30 Oktober 2015 sekitar pukul 17.00 Wita. Menurut istrinya, Asmirati SE, Subhan pergi mendadak akibat serangan jantung. “Sempat dibawa ke Rumah Sakit Bahteramas, tetapi dia sudah tiada ketika meninggalkan rumah ke rumah sakit”, tutur Asmirati di rumah duka, Jalan Jati Raya No 29 A, Kota Kendari. Ia menambahkan bahwa  almarhum selama beberapa tahun terakhir sudah empat kali masuk rumah sakit terkait gejala penyakit jantung yang diidapnya.

        Berita meninggalnya Subhan sangat mengejutkan. Bukan cuma saya tetapi hampir semua kalangan yang mengenal almarhum. Sulawesi Tenggara dan Bombana khususnya kehilangan salah satu putra terbaiknya. Dia kader potensial. Umurnya masih relatif muda, 47 tahun. Subhan adalah kader Golongan Karya sejati. Pernah dibujuk pindah ke sebuah partai agar  perjuangannya menjadi Bupati Bombana, mulus. Namun, lelaki tampan berkulit cerah ini bergeming. Bagi Subhan, prinsip lebih penting dari jabatan. Subhan memang sosok anak muda yang memiliki konsistensi dan integritas.

        Kepada saya dia pernah berujar: Dengan jabatan hanya sebagai orang nomor 2 (wakil bupati) saja, saya mampu berkontribusi untuk memenangkan seseorang. Dan seseorang itu adalah teman sepermainan, teman sedeker. Apalagi kalau saya memiliki otoritas lebih tinggi, kontribusinya akan lebih signifikan.

 Subhan memang belum beruntung. Bersama pasangannya Asis Baking, dia dikalahkan pasangan Tafdil-Mashura dari Partai Amanat Nasional dalam pilkada Bombana 2012-2017. Ketika menjabat wakil bupati, Subhan Tambera berpasangan dengan Atiku Rahman sebagai Bupati Bombana periode 2005-2010.

        Karier politik Subhan tidak menyurut hanya karena mentok di pilkada. Dia terpilih kembali untuk periode kedua (2010-2015) sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bombana. Dua hari ke depan sebelum berpulang kerahmatullah, tepatnya tanggal 1 November 20154, Subhan dijadwalkan dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi Sultra hasil Pemilu 2014 dari daerah pemilihan Konsel-Bombana. Dia menggantikan Surunuddin Dangga yang saat ini tengah mengikuti kontes pilkada serentak 2015 di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Pergantian Antar Waktu (PAW).

        Subhan, anak ketiga dari enam bersaudara buah pernikahan Sahido Tambera-Yuliana berpulang kerahmatullah pada hari yang penuh berkah, Hari Jumat. Rasulullah SAW pernah bersabda, barangsiapa dari anak Adam meninggal pada malam atau pada hari Jumat, maka dia akan mendapatkan (masuk) surga.

Dia meninggalkan seorang istri, Asmirati SE, tiga anak, dan satu cucu. Sabtu siang (31 Oktober 2015) Muhammad Subhan SE MSi diantar ke tempat peristirahatannya yang terkahir di pekuburan Punggolaka, Kendari.

        Sebagai tokoh masyarakat, almarhum dikenal aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan (Ormas) dengan kedudukan sebagai ketua, antara lain Ketua KONI Kabupaten Bombana dan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bombana. Ada juga sejumlah penghargaan dari beberapa institusi seperti Indonesia’s Excelent Achievment Award 2006 For The Achievment and Dedication to The Public of Indonesia.

        Almarhum yang lahir di Kasipute (Bombana) tanggal 29 November 1968, menyelesaikan pendidikannya mulai SD (1981) hingga S1 (Unsultra, 1993) di Kota Kendari. Adapun pendidikan pasca sarjana (S2) dengan gelar MSi diraih  dari sebuah perguruan tinggi swasta Jakarta tahun 2008. Subhan adalah anggota keluarga besar Departemen Penerangan RI yang dibubarkan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Ayahnya, Sahido Tambera (81) pensiun dari Deppen tahun 1996. ***

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>