Faisal, Pj Bupati Ke-15 di Sultra

Oleh Yamin Indas

 

     

Pj Bupati Buton Selatan H Faisal Laimu SE MS. Foto Yamin Indas

   MUSIM haji tahun 2003. Dua jemaah haji dari Kendari, Sulawesi Tenggara, terlibat percakapan di sela-sela ibadah di depan Ka’bah, Masjidil Haram. Mereka adalah dua bersahabat: Nur Alam dan Faisal Laimu. Di antara percakapan itu adalah seperti ini:  “Pak Nur berpeluang besar menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara di era reformasi ini”, kata Faisal. “Aamiin! Ya, kalau saya menjadi gubernur, Pak Faisal akan saya angkat menjadi Kepala Bappeda Sulawesi Tenggara”, jawab Nur Alam. Saat itu Nur Alam  dari Partai Amanat Nasional berstatus sebagai Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tenggara.

        Percakapan itu diulang Gubernur Sulawesi Tenggara H Nur Alam SE MSi saat melantik Faisal Laimu (50) sebagai Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan di ruang pola Kantor Gubernur Sultra, Jumat (9 Oktober 2015). Selanjutnya Gubernur Nur Alam berkata: “Faisal, orangnya low profile, dan taat beragama sehingga doanya di depan Ka’bah dikabulkan Allah Swt,”. Jauh sebelumnya, percakapan di Tanah Suci itu telah diceritakan Faisal kepada penulis.

Faisal memang belum sempat diangkat menjadi Kepala Bappeda karena keburu ditunjuk sebagai Pj Bupati Buton Selatan melalui keputusan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo atas nama Presiden Republik Indonesia. Tentu saja jabatan ini lebih bergengsi dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala Biro Ekonomi pada Sekretariat Daerah Provinsi Sultra. Faisal adalah dosen Universitas Haluoleo Kendari sebelum diperbantukan pada Pemerintah Provinsi Sultra setelah Nur Alam menjabat Gubernur Sultra sejak tahun 2008.

Faisal, anak kedua dari empat bersaudara hasil pernikahan Drs H Laimu dan Hj Nursiah, lahir di Kendari tanggal 14 Februari 1965. Ia menempuh pendidikan mulai SD hingga perguruan tinggi  di kota tersebut. Gelar S-1 diraih tahun 1989 dari Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo (Unhalu) Kendari. Kemudian S-2 dari Universitas Hasanuddin Makassar tahun 1992, dan kini masih mengikuti program doktoral (S-3) Fakultas Ekonomi Uiversitas Indonesia.

Faisal menikah dengan Andi Sei SE dan telah membuahkan tiga putra putri: Muhammad Syamsul (S-1 Farmasi), Muhammad Anang Rinaldy (mahasiswa fakultas teknik salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta), kemudian Annisya Safira Ramadhani (kini masih studi di SMAN 1 Kendari).

Ayah Faisal, mendiang Laimu dikenal sebagai salah satu tokoh Muhammadiyah di Sultra. Di zamanya, Laimu dikenal pula sebagai aktivis mahasiswa  Unhalu sebelum dan sesudah perguruan tinggi swasta itu dinegerikan. Unhalu diresmikan sebagai PTN tahun 1981. Laimu, kelahiran Kota Bau-Bau hingga meninggal dunia tercatat sebagai salah satu pejabat di Dinas Perikanan Sultra.

“Ini Pj Bupati ke-15 yang saya lantik selama masa jabatan saya sebagai  Gubernur Sultra bersama Pak Saleh Lasata sebagai Wakil Gubernur,” lanjut Gubernur Nur Alam. Menurut Nur Alam, jabatan itu sebenarnya merupakan peluang para kader birokrasi untuk menunjukkan dedikasi, integritas, dan prestasi. Perihal tersebut bakal menentukan tingkat elektabilitas bagi para Pj  Bupati yang berhasrat ikut kontes pilkada.

Mengenai masa jabatan Pj Bupati, Gubernur Nur Alam menyebutkan selama-lamanya satu tahun. “Tetapi bisa hanya dua bulan yang bersangkutan diganti, tergantung kebutuhan,” ujarnya. Berarti, Drs La Ode Mustari MSi masih beruntung karena dia sempat menjabat sebagai Pj Bupati Buton Selatan selama setahun, sebelum digantikan oleh Faisal sekarang.

Gubernur Nur Alam di tengah suasana pelantikan Pj Bupati Buton Selatan. Foto Yamin Indas

Sebagaimana dikatakan Gubernur Nur Alam, Mustari telah sukses merintis dan meletakkan dasar pemerintahan dan pembangunan di Buton  Selatan sebagai daerah otonom baru. Mustari selanjutya ditarik kembali ke Sekretariat Daerah Provinsi Sultra di Kendari. Sebelum menjabat sebagai Pj Bupati Buton Selatan, Mustari adalah Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah tersebut. ***

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>