Penenggelaman Kapal Asing Naikkan Produksi Nelayan

 

Kadis Perikanan dan Kelautan Sulawesi Tenggara

ORANG (elite politik) boleh ngoceh apa saja tentang rezim Jokowi-JK,  terutama dalam kaitan kondisi ekonomi yang terus melemah seperti  terpuruknya nilai rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Tetapi di masyarakat bawah ada kenyataan berbicara lain. Masyarakat nelayan di Sulawesi Tenggara belakangan ini berhasil meningkatkan produksi antara 5 sampai 10 persen menyusul operasi penangkapan dan penenggelaman kapal asing pencuri ikan Indonesia yang dilancarkan rezim tersebut.

“Pasalnya, nelayan makin mudah mendapatkan ikan karena populasinya mulai banyak.  Biaya operasional nelayan juga menurun,” tutur Askabul  Kiyo, Jumat (2 Oktober 2015). Askabul adalah Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Tenggara. Namun demikian dia menyebutkan masih adanya tantangan berat yang dihadapi pemerintah saat ini. Yaitu penggunaan bahan peledak dan racun oleh sebagian nelayan tradisional.

Ia mengatakan, kapal asing relatif mudah diusir, namun cara menangkap yang merusak biota dan lingkungan itu agak sulit diberantas karena pelakunya adalah rakyat kecil. “Masalah ini juga diakui Ibu Susi,” ujar Askabul. Yang dimaksud Askabul tidak lain Menteri Perikanan dan Kelautan yang dikenal berani mengambil keputusan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>